Frekuensi HT Jakarta: Panduan Lengkap untuk Komunikasi Efektif

Maesha Azhra

Handy Talkie (HT) merupakan alat komunikasi yang masih banyak digunakan di Jakarta untuk berbagai keperluan, mulai dari kegiatan internal perusahaan hingga operasional kepolisian. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang frekuensi HT yang diperbolehkan di Jakarta, serta cara mengajukan perizinan penggunaannya.

Frekuensi HT yang Diperbolehkan

Menurut Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika Kominfo, rentang frekuensi yang bisa dipakai untuk keperluan radio konvensional termasuk HT dalam keperluan internal perusahaan adalah:

  • Pita VHF (Very High Frequency): 150 – 174 MHz
  • Pita UHF (Ultra High Frequency): 300 – 380 MHz

Untuk frekuensi radio yang dipakai pada HT untuk keperluan dinas tetap atau bergerak harus mengacu pada Tabel Alokasi Spektrum Frekuensi Radio Indonesia (TASFRI).

Tabel Frekuensi HT Satlantas Jakarta

Unit Frekuensi Pancar Utama (MHz) Frekuensi Pancar Cadangan (MHz)
Polda Metro Jaya 400.000 406.000
Polres Jakarta Pusat 406.250 402.250
Polres Jakarta Barat 406.500 402.500

Cara Mengajukan Perizinan Penggunaan HT

Penggunaan spektrum frekuensi radio, termasuk HT, harus sesuai dengan peruntukannya. Hal ini tertulis dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2015 tentang Ketentuan Operasional dan Tata Cara Perizinan Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio (Permenkom 4/2015).

Untuk mengajukan perizinan, pengguna HT wajib mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Informasi lebih lengkap mengenai prosedur perizinan dapat ditemukan di laman resmi Universitas Medan Area atau situs Kominfo.

Kesimpulan

Frekuensi HT yang diperbolehkan di Jakarta telah ditentukan oleh Kominfo untuk memastikan komunikasi yang efektif dan teratur. Penting bagi pengguna HT untuk mematuhi rentang frekuensi yang telah ditetapkan dan mengajukan perizinan yang sesuai untuk menghindari gangguan pada frekuensi lain dan mematuhi regulasi yang berlaku.

BACA JUGA  Rem Tromol Tipe Dual Two Leading: Inovasi Pengereman yang Lebih Efisien

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang frekuensi HT di Jakarta. Jangan lupa untuk selalu mengikuti prosedur perizinan yang berlaku agar penggunaan HT Anda tidak menimbulkan masalah hukum.

: Frekuensi HT yang Diperbolehkan
: Frekuensi HT Satlantas Jakarta

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer