Innova Irit: Mulai Tahun Berapa?

Maesha Azhra

Toyota Kijang Innova telah menjadi pilihan populer bagi keluarga di Indonesia, terkenal dengan durabilitas dan kenyamanannya. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah seputar efisiensi bahan bakarnya. Artikel ini akan membahas secara detail tentang model Innova yang dikenal irit bahan bakar.

Sejarah dan Evolusi Innova

Innova pertama kali diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia pada tahun 2004, sebagai penerus dari Toyota Kijang generasi keempat. Dengan platform yang sama dengan Fortuner dan Hilux, Innova menawarkan dua pilihan mesin bensin dan satu diesel pada awal peluncurannya.

Generasi Pertama (2004-2013)

Generasi pertama Innova menggunakan mesin bensin 2.0-liter 1TR-FE dengan teknologi VVT-i dan mesin 2.7-liter 2TR-FE VVT-i, serta mesin diesel 2.5-liter 2KD-FTV dengan teknologi D-4D commonrail direct injection turbocharger. Namun, mesin 2.7-liter dianggap boros bahan bakar dan tidak lagi diproduksi sejak 2007.

Generasi Kedua (2013-2016)

Pada tahun 2013, Toyota meluncurkan model Innova yang lebih hemat bahan bakar dengan mesin diesel yang dilengkapi teknologi Common Rail System dan Turbocharger, yang meningkatkan efisiensi tanpa mengorbankan performa.

Generasi Ketiga (2020-Sekarang)

Innova generasi ketiga diluncurkan pada tahun 2020 dengan desain yang lebih modern dan fitur yang lebih canggih. Model ini menggunakan mesin baru yang lebih efisien, sehingga diklaim lebih irit bensin daripada model sebelumnya.

Tabel Efisiensi Bahan Bakar Innova

Tahun Mesin Teknologi Efisiensi BBM
2004-2006 2.0-liter 1TR-FE VVT-i Kurang Irit
2007-2012 2.0-liter 1TR-FE VVT-i Moderat
2013-2016 2.5-liter 2KD-FTV Common Rail + Turbo Irit
2020-Sekarang Mesin Baru Teknologi Modern Sangat Irit
BACA JUGA  Bensin Beat Berapa Liter? Informasi Lengkap Kapasitas dan Konsumsi Bahan Bakar Honda BeAT

Kesimpulan

Dari analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa Innova mulai dikenal irit bahan bakar sejak generasi kedua pada tahun 2013 dengan pengenalan mesin diesel yang lebih efisien. Namun, untuk efisiensi maksimal, model Innova yang diluncurkan pada tahun 2020 adalah pilihan terbaik berkat mesin baru dan teknologi canggih yang digunakan.

Innova telah berkembang dari generasi ke generasi, tidak hanya dalam hal kenyamanan dan fitur, tetapi juga efisiensi bahan bakar. Ini menunjukkan komitmen Toyota dalam memenuhi kebutuhan konsumen dan tren pasar otomotif.

: Cintamobil
: Pengepul Mobil
: Pengepul Mobil

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer