Kabel – Warna Apa dan Apa Artinya?

Maesha Azhra

Kabel listrik adalah komponen penting dalam setiap instalasi listrik, dan warna isolasi kabel memiliki arti khusus yang menunjukkan fungsinya. Di Indonesia, standar warna kabel diatur oleh PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) yang mengadopsi standar IEC (International Electrotechnical Commission). Berikut adalah penjelasan tentang arti warna kabel listrik dan fungsinya:

Tabel Standar Warna Kabel Listrik di Indonesia

Warna Kabel Fungsi
Hitam Kabel fase L1, membawa daya dari gardu listrik ke dalam rumah. Tidak boleh digunakan sebagai kabel netral atau grounding.
Cokelat Kabel fase L2, digunakan untuk instalasi listrik komersil dan industri.
Abu-Abu Kabel fase L3, versi pembaruan dari kabel L2 untuk kebutuhan komersil dan industri modern.
Biru Kabel netral, bermuatan negatif atau mendekati nol. Mengembalikan arus listrik ke sumber daya asli.
Hijau-Kuning Kabel grounding atau arde, mengalirkan arus listrik yang tidak stabil atau bocor ke bumi.

Penjelasan Detail Warna Kabel

Kabel Warna Hitam

Kabel dengan insulasi berwarna hitam digunakan untuk kabel L1. Ini adalah kabel fase yang bermuatan positif dan berfungsi untuk membawa daya dari gardu listrik ke dalam rumah. Penting untuk tidak menggunakan kabel warna hitam sebagai kabel netral atau grounding karena dapat menyebabkan bahaya.

Kabel Warna Cokelat

Sebelumnya menggunakan standar warna kuning, kabel L2 kini menggunakan standar warna cokelat. Kabel ini biasanya diaplikasikan untuk pengoperasian mesin dan instalasi listrik dengan kebutuhan daya yang lebih besar.

Kabel Warna Abu-Abu

Kabel L3 yang bermuatan positif kini menggunakan standar warna abu-abu. Kabel ini merupakan versi pembaruan dari kabel L2 dan digunakan untuk memasok daya listrik yang lebih besar untuk kebutuhan komersil serta industri modern.

BACA JUGA  Besarnya Tegangan yang Dibutuhkan untuk Audio Mobil

Kabel Warna Biru

Kabel netral dengan kode warna biru bermuatan negatif atau mendekati nol. Fungsi kabel netral adalah sebagai acuan yang membawa arus listrik pada sirkuit kembali ke sumber daya asli ketika terjadi aliran arus yang salah atau berlebih.

Kabel Warna Hijau-Kuning

Kabel dengan standar warna hijau-kuning digunakan untuk kabel grounding atau arde. Kabel ini berperan sebagai bentuk pengaman terhadap arus listrik yang tidak stabil atau arus bocor dengan mengirimkannya ke bumi.

Memahami arti dari standar warna pada kabel membantu Anda untuk tetap aman saat memasang, memperbaiki, atau mengganti kabel pada sistem instalasi kelistrikan di rumah Anda. Selalu pastikan untuk mengikuti standar yang berlaku untuk menghindari risiko kecelakaan listrik.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer