Swiss Army: Buatan Mana dan Sejarahnya

Maesha Azhra

Swiss Army Knife, yang dikenal sebagai pisau serbaguna dengan berbagai alat dalam satu genggaman, adalah ikon keandalan dan kreativitas. Berikut adalah artikel komprehensif tentang asal-usul dan pembuat Swiss Army Knife.

Asal-Usul Swiss Army Knife

Swiss Army Knife pertama kali diproduksi pada tahun 1891 ketika perusahaan Karl Elsener, yang kemudian menjadi Victorinox, memenangkan kontrak untuk memproduksi pisau Modell 1890 untuk tentara Swiss. Awalnya dibuat di Ibach, Swiss, pisau ini dirancang untuk menjadi alat serbaguna yang dapat digunakan oleh tentara untuk berbagai keperluan, mulai dari membuka kaleng hingga memperbaiki peralatan.

Victorinox: Pembuat Utama

Victorinox didirikan oleh Karl Elsener pada tahun 1884 di Ibach, Canton Schwyz, sebagai produsen pisau dan peralatan bedah. Pada tahun 1891, Elsener mengembangkan multitool yang lebih ringan dan kompak, yang juga tahan karat berkat penggunaan baja tahan karat martensitik. Pada tahun 1897, Elsener menambahkan pisau kecil kedua dan pembuka botol ke versi yang awalnya ditujukan untuk perwira tentara dan pelanggan sipil.

Tabel Sejarah Victorinox

Tahun Kejadian
1884 Karl Elsener membuka bengkel pembuat pisau di Ibach-Schwyz.
1891 Victorinox menyediakan pasokan besar pisau tentara pertama untuk tentara Swiss.
1897 "Original Swiss Officer’s and Sports Knife" dipatenkan, dikenal sebagai "Original Swiss Army Knife™".
1909 Nama Victoria dipilih sebagai nama merek untuk mengenang ibu Karl Elsener.
1921 Gabungan kata "Inox" dan "Victoria" menghasilkan nama perusahaan dan merek saat ini – Victorinox.

Wenger: Produsen Bersama

Wenger, yang didirikan di wilayah Jura, Swiss pada tahun 1893, juga dikenal sebagai produsen Swiss Army Knife bersama dengan Victorinox. Wenger terkenal dengan produk-produknya yang inovatif dan diproduksi dengan presisi tinggi.

BACA JUGA  Perbedaan Incoe Gold dan Premium: Ulasan Mendalam

Kesimpulan

Swiss Army Knife adalah hasil dari inovasi dan keahlian Swiss dalam pembuatan alat serbaguna. Dengan sejarah lebih dari 140 tahun, Victorinox dan Wenger telah menjadi simbol keandalan dan multifungsi, tidak hanya di Swiss tetapi juga di seluruh dunia.


Swiss Army Knife telah menjadi bagian penting dari kit alat banyak orang di seluruh dunia, menawarkan solusi praktis untuk berbagai masalah sehari-hari. Dengan sejarah yang kaya dan komitmen terhadap kualitas, Swiss Army Knife akan terus menjadi alat yang tak ternilai bagi banyak generasi yang akan datang.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer